Senin, 17 Januari 2011

Modif Sederhana Suzuki Shogun 2003



Senang punya motor harian jadi motor gaul, makanya aku modif shogun yang sederhana saja biar kelihat bagus tampilannya sewaktu buat jalan.

Bagian awal sektor kaki, pelek palang giga disk merk Rossi disembur warna putih. Ban depan dan belakang, ganti ban tubles merk Duro ukuran 200 dan 225. Bodinya masih standart, cuma lisnya dimodel sendiri, dan biar tampak ramai turut ditambahkan cutting stiker. Spion, ganti yang ukuran sedang biar ndak kena tilang hehehe. Sok depan dan belakang, dipendekin jangan full yang semi/sedang saja jadi enak tuk jalan. Terakhir, pasang monel untuk tutup baut seperlunya saja jangan berlebihan, malah kelihatan jelek nanti.
Hasilnya lumayan, yang penting enak dilihat saat nongkrong atau lagi jalan bro.

Rabu, 12 Januari 2011

Tips Ngecat


  1. Merk cat semprot  kaleng  banyak dipasaran, missal: Boom, Diton, Suzuka, Pilox, dll. Tapi lebih sip pilih merk RJ, karena semburannya lebih rata dan jarang ngadat.
  2. Sebelum ngecat yakinkan dikocok rata. Caranya kocok dengan memutar sisi bawah dulu, lantas kocok secara vertikal, lakukan selama 60 detik sampai pengaduk kaleng terasa bebas.
  3. Saat mengeringkan bekas cat, hindari langsung kena panas matahari atau diruang terbuka, kalau langsung kena panas matahari emang cepat kering tapi  bisa merubah warna cat dan ditempat terbuka bikin debu cepat menempel. Bagusnya ditempat tertutup dengan suhu agak panas atau tambahkan lampu agar hasilnya bagus.
  4. Sebelum kaleng cat disimpan, kaleng dibalik dan semprotkan sedikit sekitar 2 detik untuk membuang sisa cat pada saluran semprot. Supaya saat ngecat lagi ngak mudah ngadat.

Cara Ngecat Yang Benar Dan Bikin Awet


Siapa bilang cat semprot ngak bisa awet atau mudah terkelupas. Asal tahu caranya dan ngak asal-asalan. Misalnya cat belum kering langsung disemprotkan ulang, dijamin hasilnya gak kalah dengan alat kompresor.
Toh sekarang cat semprot kaleng dipasaran mulai beragam merk dan harga. Semua warna bias didapat model warna candytone, merah ferari atau mau bikin smoke lampu depan bias dilakoni sendiri.
Asal tahu caranya, begini caranya :
1.      Usir dulu bekas stiker,debu,kotoran,lem, pake kain yang dibasahi bensin atau minyak tanah.
2.      Gosok permukaan komponen yang bakal dicat dengan amplas halus (ukuran 1000) dalam kondisi basah, lebih siap airnya bersabun biar permukaan ngak terlalu dalam tergores amplas, gak perlu ditekan asal rata dan menyentuh semua sudut. Tujuannyauntuk matiin cat lama sekaligus bikin kasar permukaan agar cat bias nempel.
3.      Jemur dan keringkan pake lap kering atau desemprot kompresor.
4.      Yakin kering betul, barulah dicat semprot kaleng acrylic epoxy. Lebih bagus warna putih buat dasaran, agar cat atasnya lebih muncul. Tujuan pake epoxy agar cat lebih kuat nempel dan awet. Semprot pada jarak 30cm atau kurang sedikit. Sekali saja nyemprotnya secara horizontal, gak perlu tebal yang penting rata.
5.      Tunggu sekitar 20 menit atau pastikan kering betul, lalu amplas lagi dengan amplas halus buat menghilangkan pori-pori atau bagian yang kurang rata dan kerutan.
6.      Barulah semprot dengan cat yang kamu sukai, ingat semprot dengan jarak 25-30 cm sekali saja. Setelah kering ulangi 2-3 lapis hingga rata, ingat selama ngecat kocok kaleng cat secara berkala agar campuran cat tetap rata.
7.      Buat mengkilapnya pake KIT atau Sanpoly yang bentuknya gel atau clear yang bermerk agar hasilnya bagus, awet dan gak kerutan.

Cara Menyiasati Bunyi Pada Bodi Motor

           Motor harian yang masih standar memang mesinnya terasa senyap, lantaran komponen mesinnya masih standart. Dengan demikian suara bunyi-bunyian asing yang timbul pada seputar bodi motor pun kian mudah didengar.
           Contohnya pada motor bebek yang kerap terdengar berisik di seputaran bodi bagian depan yaitu cover head dan spatbor depan. Saat berkendara pun terasa kurang nyaman.
            Cara menyiasatinya sangat mudah, ngak butuh skill tinggi. Cukup sediakan obeng(+/-) dan slang kecil yang biasa dipakai tukang bangunan. Kini langsung bongkar cover headnya beserta spatbor depannya. Tapi pegerjaannya mesti satu persatu.
            Kelar cover head terbongkar potong miring ( model jajaran genjang) dulu slang tadi sepanjang 1 cm, dan jumlahnya sesuaikan dengan keperluan, lanjutkan dengan memasukkan slang ke nat pengunci cover head.
            Dengan maksud, ketika cover head dipasang ketebalan slang akan menekan speling antara sambungan cover head depan belakang, sedang bagian spatbor depan yang perlu diamati adalah sambungannya.
            Bagian yang sering menimbulkan speling dan menghasilkan bunyi-bunyian. Prakteknya belah dulu slang tadi, bersama itu renggangkan antara sambungan spatbor bagian depan belakangnya, dan masukkan slang tadi menghimpit lis spatbor bagian depan.

Cara Memperpanjang Umur Rantai Motor


          Rantai punya peranan utama dalam mentransfer putaran mesin menuju roda. Tanpa sadar kita kurang memperhatikan perawatannya, padahal kelalaian ini punya dampak merugikan buat kita, yang pasti umur pemakaiannya jdi semakin singkat. Gimana cara sederhana memperpanjang umur pakainya? Yuk simak tips singkat berikut ini :
  1. Sesuaikan Kondisi Gir
Dalam jangka waktu tertentu, rantai dan gir sprocket mulai sekarat. Akan terdapat celah beberapa mickron saat rantai dites tarik-ulur, sementara itu ujung mata gir makin meruncing. Jika dibiarkan berlarut-larut rantai gampang lepas, terpaksa harus ganti sprocket. Eitt jangan keburu beli sprocket baru, dijamin tetap gampang lepas deh rantai motor kamu. Hal ini disebabkan karena adanya beda dimensi antara rantai bekas sudah molor dengan gigi sproket yang hanya disetting khusus rantai baru. Kalau dipaksakan, sprocket kamu akan ikutan hancur dimakan rantai. Jadi cari saja sprocket bekas yang harganya agak murah, selain dimensinya agak sesuai dengan rantai molor, keawetannya masih bias dipertanggung-jawabkan.
  1. Rapatkan Lagi Mata Rantainya
Yang namanya rantai bekas, kondisi mata rantai sudah melongar. Ujung-ujungnya pasti rantai gampang lepas. Ngetes kelongarannya dengan mengungkitnya kearah samping. Jika sudah agak parah, segera rapatkan kembali mata rantainya. Sediakan palu, pematik dan tatakan besi, satu persatu pukul tiap mata rantainya dengan pematik. Dijamin kembali rapat tuh mata rantai motor kamu.       
  1. Kontrol Posisi Braket Penegang Rantai
Fungsi braket penegang rantai memang kelihatan sepele. Biasanya setel yang kiri saja hingga rantai mengencang, beres deh! Salah besar tuh…Prosedurnya posisi braket kiri harus sama dengan kanan. Tujuannya agar posisi rantai dan gir presisi lurus. Jika penyetelannya ngak tepat, rantai cepat hancur, lho? Itu sebabnya desetiap lubang as di swing arm dilengkapi garis-garis. Garis inilah  yang dijadikan patokan menyamakan posisi braket kanan dan kiri.
  1. Kritis Pilih Pelumas Rantai
Ada beberapa pelumas yang sering digunakan yaitu oli, grease atau gemuk dan chain lube. Oli sebenarnya dikhususkan untuk pelumasan dalam mesin atau girboks. Namun penggunaannya ngak terlalu merugikan, sebab oli ngak mengikat debu. Dengan viskositas tinggi, oli akan makin lengket ke rantai. Grease/ gemuk fungsinya untuk pelumasan luar seperti melumasi bearing/laher, as roda dan poros komstir. Bentuk fisik yang kental, lengket melekat sangat efektif dan awet untuk melumasi rantai hingga hitungan bulan, namun sering ngundang debu yang bias menganjal sendi mata rantai. Chain lube merupakan pelumas khusus rantai yang mengandung unsur kimia pengusir korosi sekaligus pelicin logam. Meski encer, kemampuan untuk mengikat dan melapisi permukaan logamnya ngak perlu diragukan lagi hingga mampu mengusir kotoran dan korosi yang sembunyi di celah dalam rantai berkat semprotannya yang bertekanan tinggi dari tabungnya. 

Selasa, 11 Januari 2011

Modifikasi Minimalis Yamaha Vixion 2009

Bahwa beberapa bulan terakhir rasio peminat motor yamaha-vixion semakin tinggi, hal ini selain didasari bentuk fisik vixion yang sporty, juga didasari dengan harga vixion yang lumayan hemat dibandingkan dengan motor-motor sekelasnya.


       Akan tetapi dengan keunggulannya tersebut tidak lantas membuat konsumen atau pengguna vixion merasa cukup puas, sehingga banyak dari mereka setelah membeli motor vixion tanpa pikir panjang langsung memodifikasinya sesuai keinginannya, akan tetapi untuk motor jenis injeksi seperti vixion ini perlu diingat bahwasannya pelaksanaan modifikasi jangan sampai merubah sistem kerja dari perangkat injeksi tersebut yang sudah menerapkan teknologi digital, sebagai contoh untuk penggantian knalpot vixion hendaknya jangan diganti atau kalaupun mau diganti harus dengan knalpot yang sejenis, kalaupun ingin mengganti knalpot tersebut hendaknya si pemakai dapat menyeting pengaturan campuran bahan bakar dan udara yang dengan alat analizer khusus motor injeksi dilambangkan dengan c. sehingga apabila mengganti knalpot tersebut hendaknya mengatur seting c tersebut dengan cara melakukan test drive sampai kita merasa nyaman seperti saat sebelum diganti.
Oleh karena banyaknya pembatasan dalam proses modifikasi vixion hendakanya si pemilik dapat berpikir secara bijak bahwa motor vixion original juga sudah cukup bagus akan tetapi kita dapat melakukan modifikasi-modifikasi kecil, seperti yang telah saya lakukan pada motor saya, berikut modifikasi aliran minimalis yang dapat meningkatkan penampilan yamaha vixion:
1.       Pelek depan belakang ganti pelek yang lebar
2.       Ban depan belakang ganti ban tubles,  untuk hasil yang maksimal anda bisa menggunakan untuk  ukuran belakang yaitu 120/80/17 dan depan 90/80/17, dijamin deh tampak lebih kekar.
3.       Roda belakang, kasih rem cakram sehingga lebih aman dalam akselerasi dijalan.
4.       Kaca spion, ganti kaca spion yang minimalis namun sesuai kaidah peraturan yang ditetapkan polisi (agar tidak kena tilang hehehe)
5.       Pasang monel/tutup baut untuk menambah keren tampilan.
mungkin beberapa point sederhana diatas dapat merubah tampilan motor vixion kita menjadi lebih sporty tanpa merubah performa motor dan yang pastinya akan membuat si pengguna tampil pede saat mengendarainya.

Minggu, 09 Januari 2011

Modifikasi



Modifikasi yaitu mempercantik motor sesuai keinginan hati sehingga orang yang melihatnya senang atau bisa membuat iri khususnya para bikers yang hobi otak atik tampilan kendaran roda dua.


          Membuat kendaraan roda dua ini selalu terlihat cantik merupakan salah satu obsesi yang kerap ditemui di antara para pengendara motor. Beragam cara modifikasi pun dilakukan agar bukan hanya untuk mendongkrak tampilannya, tetapi juga memiliki keunikan yang membuatnya berbeda dengan jenis motor lainnya.

          Tren modif motor itu sendiri selalu berubah setiap tahunnya. Dan seperti halnya tren mode, beberapa gaya modifikasi pun mengalami perputaran yang berulang kembali di suatu waktu. Namun, selain mengikuti tren yang sedang berlangsung, ada baiknya memodifikasi motor sesuai dengan karakter dan hobi diri sendiri.Hal itulah yang perlu diperhatikan pertama kali sebelum mendandani motor, sehingga akan lebih mudah menentukan jenis aksesori yang akan ditambah atau diganti pada bodi motor Anda. Aliran gaya modifikasi motor yang bisa dipilih pun sangat beragam, seperti klasik, custom, balap, touring, dan masih banyak lagi. Sebelum melakukannya, Anda bisa membuat gambar modifikasi terlebih dahulu untuk memudahkan proses modifikasi selanjutnya.
          Sebagai contoh, jika senang dengan yang berbau klasik, menambah windshield, whitestripe pada bagian ban, serta ukuran spion yang sedikit besar akan memberi kesan klasik yang lebih kental. Lain halnya bagi mereka yang gemar touring ke berbagai tempat, mendandani motornya sesuai dengan kebutuhan hobi merupakan sebuah keharusan. Anda bisa melakukan tips modif motor pada jok anda. Misalnya dengan menambah boks di bagian belakang jok atau meletakkannya di bagian kiri dan kanan motor.
          Besar kotak boks ini pun bervariasi, ada yang 28 liter, 33 liter, dan seterusnya. Sementara jika diletakkan di sisi motor biasanya menggunakan ukuran 21 liter. Di sisi lain, ada pula yang melakukan modifikasi tangki yaitu dengan menggunakan fairing di bagian tersebut sehingga mengentalkan kesan motor balap, sesuai dengan obsesi pemiliknya.
        Masih di seputar bodi, modifikasi biasa dilakukan pada bagian stang, menambahkan airbrush untuk memberi sentuhan unik pada motor, hingga pemilihan jok motor. Untuk bagian roda, motif velg bisa diganti sesuai dengan gaya modifikasi yang dipilih pengendara.
          Selanjutnya Anda juga bisa melakukan modifikasi ban. Sebagai contoh, pada motor touring akan lebih baik menggunakan ban berukuran besar yang memberi kenyamanan lebih untuk berkendara jarak jauh, dengan motif ban yang memiliki daya tapak lebih baik. Sekarang, gaya apa yang ingin Anda pakai untuk mendandani motor?